Microsoft baru saja mendapat bintang tiga bulan berkat Azure, Surface, dan Xbox


Microsoft membukukan pendapatan kuartal keempat fiskal pada hari Rabu, mengalahkan ekspektasi Wall Street pada penjualan dan laba selama tiga bulan terakhir di tengah penurunan ekonomi yang disebabkan oleh COVID-19. Bahkan, tampaknya banyak dari berbagai divisi Microsoft mendapatkan manfaat dari efek pandemi ini, dengan beralihnya pekerjaan jarak jauh dan pesanan tempat tinggal di seluruh dunia mendorong orang ke arah permainan, konferensi video, dan hiburan virtual lainnya.

“Lima bulan terakhir telah memperjelas bahwa intensitas teknologi adalah kunci ketahanan bisnis. Organisasi yang membangun kemampuan digital mereka sendiri akan pulih lebih cepat dan muncul dari krisis ini dengan lebih kuat, ”kata CEO Microsoft Satya Nadella dalam sebuah pernyataan. Dia melanjutkan dengan mengatakan Microsoft berada dalam posisi unik untuk dapat "membantu setiap organisasi mengubah dan membayangkan kembali bagaimana mereka memenuhi kebutuhan pelanggan," dengan kata lain mendukung kerja jarak jauh dalam kenyataan baru.

Perusahaan itu mengatakan memperoleh pendapatan $ 38,0 miliar pada kuartal terakhir ini, naik 13 persen dari tahun lalu. Dari jumlah itu, $ 11,2 miliar merupakan laba, lonjakan 5 persen dari waktu ini setahun yang lalu. Hal utama yang diambil: Bisnis Microsoft sedang booming, sebagian besar berkat keuntungannya yang berkelanjutan di sektor komputasi awan dan lompatan besar pada pendapatan Surface dan Xbox.

Sektor Intelligent Cloud perusahaan menyumbang $ 13,4 miliar untuk kuartal tersebut, naik 17 persen dari tahun lalu. Sebagian besar keuntungan berkat platform Microsoft Azure, yang tumbuh hampir 50 persen. “Cloud komersial kami melampaui $ 50 miliar pendapatan tahunan untuk pertama kalinya tahun ini. Dan kuartal ini pemesanan Komersial kami lebih baik dari yang diharapkan, tumbuh 12 persen tahun-ke-tahun, "Kepala Keuangan Microsoft Amy Hood, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Sedangkan untuk Surface dan Xbox, jelas bahwa, meskipun tidak sebesar penghasil uang seperti Azure atau divisi Office dan Windows perusahaan, masih tumbuh pesat. Microsoft mengatakan pendapatan Surface naik hampir 30 persen dalam tiga bulan terakhir dari waktu ini setahun yang lalu, sementara Xbox "pendapatan konten dan layanan," dengan kata lain penjualan game dan berlangganan Xbox Live dan konten digital lainnya, tumbuh 65 persen. Juga membantu kuartal ini adalah pendorong pendapatan Microsoft yang tenang tapi stabil, termasuk Windows OEM (naik 7 persen), Office Commercial (naik 5 persen), Office Consumer (naik 6 persen), dan LinkedIn (naik 10 persen).

Berkat statusnya sebagai perusahaan yang relatif tidak tersentuh selama pandemi, saham Microsoft telah melonjak dan ditutup pada hari Rabu pada $ 211,75 per saham, hanya sedikit dari tertinggi sepanjang masa yaitu $ 216,38. Perusahaan ini sekarang adalah yang paling berharga kedua di dunia, dengan kapitalisasi pasar lebih dari $ 1,6 triliun, mengalahkan Amazon secara tipis dan hanya sedikit di bawah Apple.

Gesper666

Komentar